resume part 4 APA MENGAPA DAN BAGAIMANA FUNGSI PERENCANAAN
APA MENGAPA DAN BAGAIMANA FUNGSI PERENCANAAN
halo sobat dunia kampus https://www.duniakampus40.net , penulis akan mengajak anda untuk mengetahui resume tugas yang saya buat dari youtube pak dedi selaku dosen pembimbing pengantar manajemen, yiatu tentang apa mengapa dan bagaimana fungsi manjemen.
Salah satu fungsi dalam manajemen yaitu perencanaan. Seperti yang anda tahu
bahwa fungsi dalam kegitan manajemen itu ada 4
merencanakan alokasi sumber daya yang ada supaya apa yang sudah direncankan
itu bisa dipecahkan.
1. 1. Planning atau perencanaan yang artinya sebagai proses
untuk merumuskan tujuan organisasi, membuat strategi pencapaian tujuan,
mengembangkan rencana aktivitas kerja dari organisasi.
2. 2. Organizing atau pengorganisasian dapat didefinisikan
sebagai pembagian kerja atau pembagian tugas dan mendelegasikan otoritas yang
dilakukan oleh manajer kepada seluruh jajajaran
yang ada dibawahnya
3. 3. Actuating atau pergerakan adalah usaha atau tindakan yang
dilakukan untuk memunculkan kemauan dan membuat bawahan bertanggung jawab
terhadap pekerjaannya sehingga secara sadar mereka menjalankan tugasnya dengan
baik. Pergerkan ini dapat dilakukan dengan memberikan motivasi, semangat dan
dorongan, contoh tindakan serta pengarahan kepada bawahan.
4. 4. Controlling atau pengawasan atau bisa disebut juga
pengendalian merupakan suatu fungsi manajemen untuk melakukan penilaian
kesesuaian antara perencanaan dan tujuan. Pada fungsi ini dilakukan juga
perbaikan atau koreksi sehingga tercapai tujuan yang telah direncanakan
sebelumnya.
Fungsi perencanaan merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh setiap
manajer
Oleh
karena itu bagaimana tugas manajer mampu membuat suatu perencanaan yang mampu
menghargai mengantisipasi lingkungan yang selalu berubah yang tidak pasti, perubahanbaik
dari sisi ekonomi, politik, dan sosisal. Ada yang bertugas agar perjalanan ini
mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di tengah manajer harus
bisa mencapai targer kinerja perusahaan oleh karena itu setidaknya harus mampu melakukan
pengesuaian-pengesuaian
Kenapa sih sebuah organisasi setiap organisasi harus menyusun apa namanya target goals atau tujuan. Paling tidak ada 3 kepentingan Perencanaan itu sebagai dasar kalau kita mengambil keputusan rasional solution. Ya karena nanti Ketika kita masuk ke fungsi yang kedua
1. 1. Rationale
for decisions disitu kita pasti sebagai manajer mengambil keputusan akan
mengelola pegawainya.
2. 2. Lalu
alasan lain kenapa perencanaan ini menjadi penting karena itu adalah guids to action sebagai
pedoman untuk bertindak sebagai pedoman untuk melakukan perkerjaan tertentu
dari pegawai-pegawai dari sdm yang ada organisasi tersebut
3. 3. Standard of performance.
hh GOALS DAN PLAN
Ada 3 bagian yang pertama adalah
1. 1. Goal-
A desired future state that the organization attempts to realize
2. 2. Plan
– A blueprint specifying the resource
allocations
yy 3. Planning- determining the organizations goals and the means for achieving them untuk menentukan apa yang ingin dicapai.
jj j Level of goals/plans dan their importance
hh
Dasar manajemen menyatakan bahwa fungsi perencanaan memberi jawaban atas pertanyaan tentang sipa,apa apabila, di mana, bagaimana, dan mengapa. dalam perencanaan, manajemen harus memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya, bagaimana melakukannya, dan siapa yang melakukannya. pada dasarnya, fungsi perencanaan yaitu membantu proses pengamilan suatu keputusan yang paling baik dan paling sesuai dengan tujuan utama perusahaan. pada intinya, fungsi perencanaan yaitu untuk mencapai tingkat efektivitas dan juga efisiensi operasional perusahaan. sehingga, nantinya bisa dilakukan upaya mengindentifikasi berbagai hambatan, melakukan koreksi terkait penyimpangansecara cepat dengan begitu perusahaan bisa berjalan dengan lebih baik. dengan tidak adanya perencanaan, semua kegiatan bisnis organisasi akan menjadi tidak berarti. pentingnya perencanaan semakin meningkat mengingat ukuran organisasi yang semakin besar dan kompleksitanya.
karena perencanaan menetapkandasar untuk semua hal yang dilakukan oleh seseorang manajer ketika mereka menjalankan fungsinya dalam mengatur, memimpin, dan mengendalikan organisasi.
jh
https://youtu.be/7dEj-9yA1bA
pengantar manajemen
Komentar
Posting Komentar